92 Unit Rumah di Desa Botohili Tano Selesai Dibangun BRR dan Telah Ditempati Warga Korban Gempa

7,Oktober, 2007

Rabu, 4 Oktober 2007
Medan (SIB)
Sebanyak 92 unit rumah yang dibangun Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) di Pantai Sorake Desa Botohili Tano Kabupaten Nias Selatan, telah selesai dan mulai dihuni masyarakat korban gempa dan tsunami Nias di desa tersebut.
Kepala Desa Botohili Tano Sosial Zagoto kepada wartawan di Medan, Selasa (2/10) menjelaskan, rumah type 36 selesai dibangun dan mulai dihuni masyarakat korban gempa dan tsunami sejak 22 September 2007 lalu.
Menurutnya, pembangunan rumah tersebut dimulai Januari 2005 dan direncanakan selesai Mei 2005. Namun penyelesaiannya agak terlambat dan baru rampung serta dapat dihuni warga korban gempa dan tsunami pada September 2007.
Meskipun terlambat, tetapi pihaknya dan masyarakat Desa Botohili Tano tetap merasa bersyukur dengan selesainya pembangunan rumah tersebut yang sangat dibutuhkan masyarakat.
“Kita tetap bersyukur dengan selesainya pembangunan 92 unit rumah yang dilaksanakan BRR meskipun agak terlambat,” ujarnya seraya menyatakan rasa terima kasih kepada pihak BRR, khususnya kepada pembuat anggaran perumahan di Nisel Ir Asbel Parhusip MM.
Selama ini katanya, masyarakat korban gempa dan tsunami di desanya masih banyak tinggal di tenda-tenda penampungan yang disediakan maupun yang dibuat atas inisiatif sendiri. Dengan selesainya pembangunan rumah itu, mereka yang tinggal di tenda-tenda telah pindah dan menghuni rumah tersebut.
Mereka yang menempati rumah tersebut tidak dikenakan biaya kecuali saat pembebasan tanah dikenakan sebesar Rp 1,5 juta per tapak yang diserahkan kepada posko pembebasan lahan. Pembayaran itu menurutnya atas kemauan masyarakat sendiri dan pihak BRR hanya melakukan pembangunan rumah di atas tapak tersebut.
Menyinggung kondisi Desa Botohili Tano pasca gempa dan tsunami tahun 2004 lalu, Sosial Zagoto mengatakan, saat ini kehidupan di desanya sudah normal. Pembangunan sejumlah jalan yang serta drainase juga sudah cukup baik. (M-14/d)

3 Responses to “92 Unit Rumah di Desa Botohili Tano Selesai Dibangun BRR dan Telah Ditempati Warga Korban Gempa”

  1. Faustinus Dachi Says:

    Syukur kepada Tuhan, bahwa masyarakat Nias khususnya yang tinggal di Desa Botohili Tano dapat menikmati rumah yang layak.

    Kiranya sebelum selesai tugasnya BRR di Nias makin banyak lagi masyarakat Nias yang dapat memiliki rumah.


  2. yaahowu
    semangat terus ya smg botohili semakin maju dan berkembang.
    Tuhan memberkati.kirim salam sama albertus wau yang lg pendidikan tentra.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: