JK Perintahkan Kader Golkar Stop Pemekaran Wilayah

28,Oktober, 2007

 

Selasa, 16 Oktober 2007 22:15

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Koranindonesia.com – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Jusuf Kalla memerintahkan seluruh kadernya untuk menghentikan dan tidak memprakarsai adanya pemekaran wilayah.”Saya perintahkan semua DPP, DPD I dan II tak usahlah prakarsai pemekaran-pemekaran wilayah. Cukup sudah, capai sudah. Mau didemo, demolah yang penting stabilkan dan makmurkan daerah,” kata Ketua Umum Kalla saat bersilaturahmi dengan kadernya di Kendari, Sultra, Selasa.

Menurut Kalla, selama ini yang terjadi pemekaran wilayah justru hanya memberatkan pemerintah pusat. Wapres mencontohkan di Pulau Jawa hampir tidak ada keinginan untuk pemekaran wilayah.

Yang terjadi hanya di Propinsi Banten – setelah berpisah dari Provinsi Jawa Barat – karena jumlah penduduknya yang besar yakni 19 juta orang.

“Jangan kita berpikir otonomi dan atas nama otonomi tapi justru sentralistik,” kata Jusuf Kalla.

Ia mencontohka adanya suatu daerah hasil pemekaran wilayah Pendapatan Asli Daerahnya (PAD) hanya sekitar Rp2 miliar namun meminta Dana Alokasi Umum (DAU) Rp100 miliar. Dengan demikian justru hanya membebani pemerintah pusat dan akan mengurangi jatah daerah lain.

“Jadi yang penting bagi masyarakat hidupnya lebih sejahtera. Karena itu saya tak mau lagi dengan soal pemekaran, pilkada dan sebagainya. Tapi kita bicara soal kemakmuran dan kemajuan,” katanya.

Dalam kesempatan itu Jusuf Kalla juga menjelaskan bahwa Partai Golkar sifatnya selalu berkarya. Golkar tambahnya tidak memiliki sifat untuk menjadi oposisi.

“Golkar sifatnya berkarya, tak ada sifat oposisi. Jadi kita tak pernah beroposisi. Dalam pemerintahan siapa pun, Gus Dur, Megawati, BJ Habibie selalu ada menteri Golkar di situ,” kata Jusuf Kalla.

Dalam kesempatan itu Jusuf Kalla juga meminta seluruh kader partai untuk tetap bersatu dalam mendukung calon gubernur Sultra yang telah diputuskan bersama yakni Ali Mazi. (*/boo)

2 Responses to “JK Perintahkan Kader Golkar Stop Pemekaran Wilayah”

  1. benbego Says:

    baru kali ini gue setuju sama JK. Pejabat daerah, dengerin tuh JK bicara!😀

  2. Gregorius Kalla Says:

    Kacian banget tuh, si Ama Klara ya pengennya mau ngebantu/mau nanam jasa bias bisa ngebentuk Nias Utara, Barat and Kota Gunsit.. Eh taunya om gw JK nyetop pemekaran…

    Sabar Brur…..cari lagi kerjaan yang laen.. makanya jangan dempet-dempet ama si Botak tuh. Saking liciknya jadi botak.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: