Pilar Nias Barat diujung Kehancuran

5,November, 2007

Jakarta (PNB)

Organisasi Masyarakat Nias jarang ada yang bartahan lama, pada awalnya semangat berorganisasi sangat berkobar-kobar tetapi lama kemalaan hilang ditelan waktu ibarat pepatah Nias “BA MBõRõTA MUHõNGõ-HõNGõ BA GAMOZUA DõHõ MANõ. Demikianlah yang dialami Pilar Nias Barat yang baru saja berumur jagung kini dilanda konflik internal yang mengancam bubarnya organisasi tersebut.

Ketika team redaksi mengkonfirmasi kepada salah seorang pengurus Pilar Nias Barat baru-baru ini via telpon 0855.7878xxx yang tidak mau disebut namanya membenarkan kalau kemelut internal Pilar Nias Barat merupakan efek dari kurangnya kesadaran para pengurus terhadap misi perjuangan Pilar Nias Barat.

Disisi lain Pilar Nias Barat dibawah pimpinan Pdt, Ir. Mustika Ranto Gulo, MM. mendapat sorotan tajam dari masyarakat karena dinilai kehadiran Pilar Nias Barat bukan memberi kesatuan bagi masyarakat Nias Barat tetapi justru Pilar Nias Barat menjadi pemecah belah dan layak bila slogannya diganti menjadi ROBOH NIAS BARAT bukan lagi KOKOH NIAS BARAT.

Beberapa pendiri Pilar Nias Barat yang dikenal sangat gigih berjuang membesarkan PNB kini satu persatu mengundurkan diri akibat terus-menerus difitnah oleh tulisan-tulisan disalah satu blog gratis milik salah satu pengurus PNB. Para pendiri ini menilai kalau Ketua Umum PNB Mustika Ranto telah membelokkan haluan perjuangan Organisasi menjadi kepentingan peribadinya untuk mencapi populeritas. Dalam mencapai tujuannya Mustika Ranto memanfaatkan PNB untuk menyerang peribadi tokoh-tokoh Nias Barat seperti MLD, FJ, ABG, EH, DH dll.

Dalam waktu dekat ini PNB akan melaksanakan MUNAS dalam rangka mencari solusi menyelamatkan Organisasi tersebut dari kemelut berkepanjangan. Diharapkan Munas mampu memberikan rekonedasi pergantian Ketua Umum yang diniali gagal membawa PNB menjadi Organisasi yang dicintai masyarakat Nias Barat.

Munas PNB yang dimaksud diselenggarakan selambat-lambatnya Desember tahun 2007 ini atau paling lambat Januari 2008. Sementara itu Ketua Umum PNB merasa selama kepemimpinannya PNB justru sangat populer dan sukses dapat dilihat dari perjuangannya mengawal Pemekaran Nais, berkat desakan PNB DPRD Sumut menyetujui Pemekaran Nias Barat ungkap Mustika Ranto baru baru ini di Medan disela-sela kesibukannya.

Mustika Ranto menambahkan kalau dirinya telah membuat para tokoh-tokoh PNB dikenal publik seperti Bapak Ir. Abisaloni Gulo, Bapak Kasaro Daeli yang selama ini tidak pernah dimuat namanya dimedia massa, PNB sudah membuat nama mereka menghiasi kolom-kolom media cetak dan televisi di Sumut. Kalau memang ada kader-kader PNB yang ingin menjadi ketua Umum tidak apa-apa asal melalui prosedur, Saya juga menyadari kalau diri saya banyak kelemahan dan kekuarangan. (Redaksi)

14 Responses to “Pilar Nias Barat diujung Kehancuran”

  1. Bazatulo Waruwu Says:

    Kenapa bisa begitu nasibnya Pilar Nias Barat, padahal baru saja ramai dibicarakan masyarakat kalau dimasa yang akan datang Pilar Nias Barat bisa menjadi alternatif penyampaian aspirasi kepada pemerintah.

    Memang setiap kehancuran sebuar organisasi berasal dari dalam diri sendiri, beberapa persoalan yg dapat mengakibatkan hancurnya sebuah organisasi antara lain :
    – Tidak beribawanya Pemimpinnya (tidak memiliki kharismatik)
    – Kurangnya Komunikasi sesama anggota
    – Para pimpinannya tidak professional
    – Adanya kepentingan peribadi yang terselubung

    Semoga Ketua Umum PNB menyadari masalah ini dan segera mengambil sikap demi menyelamatkan Pilar Nias Barat. Sayang bila PNB ini berakhir dengan tragis. kasihan rakyat yang sedang menanti kehadiran PNB.

    Sukses ya.

  2. Moderator Says:

    Bung Waruwu, optimislah jangan gara-gara satu orang yang tak tau apa-apa anda megeneralisir Pilar Nias Barat.

    Walaupun saya jauh dari Tanah air, melalui internet saya bisa memantau keadaan disana, khususnya perkembangan Pembentukan Kabupaten Nias Barat, Pilar Nias Barat dan BPP Kanisbar.

    Tenang saja Bung Waruwu, di PNB masih ada orang-orang andalan Nias Barat yang tidak seperti mentalnya Bung Mustika Ranto, katakanlah disana ada Bung Kasaro Daeli, Bung Loni Gulo, Bung Nefos Daeli, Bung Eben Hia, Bung Herman Zebua dan Bung Ote Hia. mereka tak akan mengikuti irama destroyer Bung Mustika, pasti mereka membawa suasana yang elegan.

    Tetap optimis dan berpikir positip

    Salam buat masyarakat Nias Barat dimanapun berada

    Winardi Zai
    Colorado USA

  3. Gunawan Maruao Says:

    Terima kasih bung Moderator, hebat kali anda jauh banget disana ya, kalau anda tidak keberatan boleh kenal dong, saya tinggal di Pulau Batam Kepri.

    Tolong ya monitoring terus perkembangan usulan pembentukan kabupaten Nias Barat karena zaman sekarang ini sangat sulit mendapatkan orang yang mau memberikan keterangan yang sesuai dengan realita selalu saja di rekayasa sesuai dengan kepentingannya.

    Salam buat orang-orang Nias di USA ya

    Gunawan Maruao
    Batam – Kepri

  4. Sozi L Says:

    Bagaimana tidak berantakan, pemimpinya PNB seorang penipu dan tukang main perempuan. Ngaku-ngaku Pendeta tapi perbuatannya bejat. Kalau bisa keringat orang dikuras habis-habisan demi memperkaya diri sendiri.

    Mustika Ranto Gulo itu munafik, sombong dan suka memuji-muji diri sendiri. Dimana-mana dia jadi batu sandungan bagi kelompok organisasi dimana dia bergabung, baik itu paguyuban Nias maupun di Paguyuban marga Hutabarat.

    Memang Pilar Nias Barat layak di bubarkan atau kalau tidak ganti saja tuh orang munafik yang tidak tau diri itu. Ranto tidak sama seperti Abangnya Orwel yang dikenal rendah hati, santun dan beribawa. Kalau Ranto wah… susah… kerjanya nipu sana-sini.

  5. Linda Says:

    Pilar Nias Barat ketuanya Sexy juga ya. Ketuanya keren dan dilanda sindrom pingin tampil. sekalian saja foto bugilnya dong.

    Ketua Pilar Nias Barat seperti anak-anak kurang puar waktu kecil. Salam ya buat si sexy

  6. Henny Z Says:

    Aku naksir sama Mustika Ratu, tapi aku orangnya jangkung dan langsing 174 cm, Mustika Ratu seimbang gak sama saya, mo tanya tingginya berapa ?

    Aku kerja di Garuda airlines, udah ada isteri apa belum ?

  7. Onekhesi Waruwu Says:

    Setahu saya Mustika Ranto Gulo itu Pendek sekitar 161 cm Gemuk dan punya 1 Istri yang sah. dulu dia pernah selingkuh sama Pembantunya sendiri. Coba saja Henny Kalau mau jadi istrinya yang ke sekian asal tidak ketahuan Istrinya yang sekarang.

    Henny siap-siap saja jadi istri simpanan soalnya Mustika RG itu sedikit munafik didepan orang Dia seperti orang Kudus tanpa noda tetapi dibalik itu permainannya gila-gilaan. Saya kenal dia waktu masih kulian di Medan dulu.

    Sorry brur Ranto, saya kawan lama sepermainan dulu di Petisah di Medan, masih ingat tidak kita keluar masuk Bar nyanyi. hehehehe. Apa masih senang minum Bir brur…

    Bung, bagaimana Pilar Nias Barat apakah masih ada. apakah di Medan sudah ada cabangnya? tolong info ya.

  8. Everson H Says:

    Makanya ada kata-kata bijak : Jangan kasih emas pada babi, itu tak akan bisa dia manfaatkan dan kelola.

    Jadi ketahuan kwalitas orangnya kayak mana.

  9. Oloheta Zebua Says:

    Pilar Nias Barat adalah organisasi Danga-danga, Ranto hanya ingin manfaatkan Pilar sebagai media nya mencari-cari sensasi dan ngumpulin recehan.

  10. Fadaosi Waruwu Says:

    Saya salah satu pimpinan sidang waktu Pengurus dipilih 5 Mei 2005 di gedung Golkar Cikini, Masa Jabatan Pengurusnya hanya sementara 6 bulan saja. Saya pikir tadi Ranto itu bisa memimpin sebuah organisasi, makanya saya ikut. Ternyata belum bisa dia memimpin, dia harus banyak baca buku dan belajar pada yang lain, makanya dia itu tak diterima dimana-mana.

    Cuman karena sesama dari Mandrehe, saya secara teratur tak mau lagi gabung di Pilar. Tapi nanti klo ada pengurus baru, seharusnya sudah dipilih sejak 5 November lalu, nah ini lagi yang tak dimengerti oleh Ranto, dia sudah bukan Ketua Umum Pilar lagi, sudah demisioner/kadaluwarsa mereka, tak punya jabatan lagi.

    Dan Pilar sejak 5 November 2007 sudah tak punya Pengurus lagi, Yang ada sekarang dan punya wewenang adalah Badan Pengawas dan Penasehat.

    Kalau Pengawas tak punya inisiatip maka Pilar sudah hilang di peredaran.
    Ranto tak punya wewenang apa-apa lagi, yg boleh dia lakukan membuat pertanggung jawaban selama Pengurus Sementara 6 bulan. Begitulah kalau orang tak mengerti tapi mau menjadi ketua umum.

    Semoga Pilar tetap Jaya.

  11. Fat Gulo Says:

    Benar sekali pak waruwu, Saya kira tafinya Ama Maya/Ranto bisa jadi pemimpin, rupanya dia saya dengar banyak masalah seperti memusuhi Pendeta Abineri Gulo, Epherson Hia yang sempat bekerja sama dengan Ranto ternyata dibohongi, dia tidak bayar gaji mereka dan dibuat bertengkar dengan membuat tuduhan macam-macam sebagai akal-akalnya biar tak bayar gaji mereka.

    Masalah ini sempat panjang dan ditangani beberapa orang Nias namun setelah mereka tahu biang keroknya adalah Ranto jadi malas mengurusi orang “Sito’ua ya’ia”. Masih gaya-gaya niha harimbale.

    Kasihan banget Pilar memberikan ketua umum pada orang yang tidak sesuai. Padahal Ranto senang sekali bisa jadi ketua umum sampai namanya dia tambah-tambah gelarnya MM padahal dia itu kuliahnya di Farma Agung aja dulu tak beres ya.

    Saya tahu persis si ranto ini, tak ada itu perusahaannya, itu microvision itu punya orang Cina yang dia bohongi, uangnya juga tak ada sehingga dia tak mau bayar gaji pak Abineri dan pak Eperson tapi kalau orang tak mengenal dia akan ngomong besar dia seakan-akan orang kaya. Kasihan deh orang-orang yang dibohonginya.

    Makanya orang yang berhubungan dengan Ranto, saya peringatkan untuk hati-hati.

  12. Fat Gulo Says:

    Benar sekali pak waruwu, Saya kira tafinya Ama Maya/Ranto bisa jadi pemimpin, rupanya dia saya dengar banyak masalah seperti memusuhi Pendeta Abineri Gulo, Epherson Hia yang sempat bekerja sama dengan Ranto ternyata dibohongi, dia tidak bayar gaji mereka dan dibuat bertengkar dengan membuat tuduhan macam-macam sebagai akal-akalnya biar tak bayar gaji mereka.

    Masalah ini sempat panjang dan ditangani beberapa orang Nias namun setelah mereka tahu biang keroknya adalah Ranto jadi malas mengurusi orang “Sito’ua ya’ia”. Masih gaya-gaya niha harimbale.

    Kasihan banget Pilar memberikan ketua umum pada orang yang tidak sesuai. Padahal Ranto senang sekali bisa jadi ketua umum sampai namanya dia tambah-tambah gelarnya MM padahal dia itu kuliahnya di Darma Agung aja dulu tak beres ya.

    Saya tahu persis si ranto ini, tak ada itu perusahaannya, itu microvision itu punya orang Cina yang dia bohongi, uangnya juga tak ada sehingga dia tak mau bayar gaji pak Abineri dan pak Eperson tapi kalau orang tak mengenal dia akan ngomong besar dia seakan-akan orang kaya. Kasihan deh orang-orang yang dibohonginya.

    Makanya orang yang berhubungan dengan Ranto, saya peringatkan untuk hati-hati.

  13. Ama Yosua Says:

    Saya juga kenal Ranto waktu dia kuliah di Medan. Banyak sekali utang bayar makannya yg belum dibayar. kalau dia suka menipu orang berarti Dia belum bertobat.

    Ama Oscar Gulo juga pernah ditipunya dengan cara menguras tenaga. hampir saja yang lain jadi korbannya. Kalau Ranto jadi ketua umum Pilar bisa dipastikan Pilar ROBOH.

  14. Fonaha Waruwu Says:

    Halo Bapak-bapak apa kabar nih, selamat Natal ya,
    Mau tahu dengan Mustika Ratu alias Ama Maya, itu kan anaknya Almarhum Ama Asa Gulo, penerangan, siapa yang tak kenal beliau itu, orang yang menipu tanah orang di Lawelu, agak ganuno maifu dan asilo yawa, tentu sifat-sifat itu diwarisi kepada ama maya, karena ama maya tak mau memperbaiki diri. Coba saya mau tahu emang ada orang mau berteman sama ama maya. dia tak punya teman karena selalu membuat masalah, menipu orang atau menjanjikan kebohongannya.

    Kalau ada yang tahu siapa teman dari ama maya, tolong beritahukan disini, Akan kita tanyakan gimana karakter ama maya itu yang AIDS itu (Angkuh, Iri, Dengki dan Sombong) serta SMS (Senang Melihat Susah orang lain atau Susah Melihat Senang orang lain). Inilah sifat ama maya makanya tak ada temannya,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: