Dua kabupaten Di Sumut Diresmikan

2,Desember, 2007

Jakarta (Harian Global), 24 Nopember 2007

Arsyad dan Soripada Jadi Penjabat Bupati

Mendagri Mardiyanto meresmikan dua daerah otonom baru di Sumut. Dua daerah itu adalah Kabupaten Padang Lawas dan Padang Lawas Utara. Kedua kabupaten baru ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan.

Mendagri juga melantik Arsyad Lubis sebagai Penjabat Bupati Padang Lawas Utara dan Soripada Harahap menjadi Penjabat Bupati Padang Lawas. Dalam kesempatan itu, Mendagri turut melantik Frans B Padju Leok menjadi Penjabat Bupati Manggarai Timur.

“Penjabat yang dilantik sesuai dengan usulan yang diajukan kabupaten induk dan gubernur yang bersangkutan,” ucap Mendagri Mardiyanto usai meresmikan dan melantik penjabat bupati daerah otonom baru di Gedung Depdagri, Jumat (23/11). Hadir dalam pelantikan ini Gubsu Rudolf Matzuoka Pardede dan sejumlah pejabat Pemkab Tapanuli Selatan.

Mendagri memaparkan tugas-tugas para penjabat kepala daerah, di antaranya memfasilitasi terlaksananya pilkada yang aman, lancar dan tertib. “Dalam dua bulan ke depan, penjabat kepala daerah harus mengambil langkah-langkah untuk memfasilitasi pembentukan DPRD, segera berkoordinasi dengan KPU kabupaten induk dalam pembentukan dan pengisian keanggotaan DPRD,” katanya.

Setelah DPRD terbentuk, tugas pertama yang dilaksanakan adalah memberikan mandat kepada KPUD untuk melaksanakan pemilihan kepada daerah dan wakil kepala daerah definitif.

“Penjabat bupati hanya bertugas selama setahun untuk menyiapkan tata pemerintahan kabupaten baru. Jadi, tidak boleh sebelum satu tahun mundur, lalu menjelang pilkada mencalonkan diri jadi calon bupati. Konstitusi kita melarang penjabat kepala daerah mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah. Ketentuan itu harus benar-benar diperhatikan,” tukas Mendagri.

One Response to “Dua kabupaten Di Sumut Diresmikan”

  1. Bataks isterinya (PIB) Says:

    Saya usul agar di Nias segera mempersiapkan pejabat Bupati/Walikota alias PLT. Tapi diusahakan PLtnya yang merupakan anggota PIB (Persatuan Isteri Batak) agar lae-lae kita dari Tapanuli/Simalungun/karo bisa berinvestasi di Nias.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: