DPR Sahkan Enam Daerah Otonomi Baru

7,Desember, 2007

Jakarta : Tempo, Interaktif

Rapat Paripurna DPR mengesahkan enam daerah otonom baru. Keenam daerah di Provinsi Papua itu adalah Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Puncak, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Nduga, Kabupaten Membramo Tengah, dan Kabupaten Yalimo.

Hasil Sidang Paripuran yang dipimpin Wakil Ketua DPR Muhaimin disetujui seluruh fraksi. “Kita sahkan enam daerah otonom ini,” katanya di gedung MPR/DPR, Kamis (6/12).

Enam daerah otonom ini berasal dari tiga kabupaten induk yaitu Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Jaya Wijaya, dan Kabupaten Nabire.

Sedangkan, dua daerah otonom, yaitu Kabupaten Mandau dan Kabupaten Meranti di Provinsi Riau masih akan dilanjutkan pada masa sidang selanjutnya.

Anggota Fraksi Bintang Reformasi Sulaiman Effendi menyetujui pengesahan enam daerah otonom baru ini. “Harapannya agar daerah pemekaran baru ini bisa meningkatkan kesejahteaan,” katanya.

Menurut dia, Papua dengan kondisi geografis yang kurang bagus. “Perlu secepatnya mengejar ketertinggaln daerah lain,” katanya.

Namun, dia kurang setuju dengan pengesahan dua daerah otonom dari Riau karena kedua daerah belum bisa memenuhi persyaratan secara keseluruhan. “Harus ditunda dulu,” katanya.

Sehingga, kata dia, daerah itu bisa memenuhi pesyaratan itu. “Hal ini perlu pembahasan antara DPRD dan kepala daerah induk,” katanya.

Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional Andi Yuliana Paris menilai pengesahan enam daerah otonom baru dan menunda pengesahan daerah otonom di Provinsi Riau. “Daerah baru itu diharapkan bisa mensejahterakan rakyat,” katanya.

Menteri Dalam Negeri Mardiyanto mengatakan enam daerah di Papua telah menjalani proses kelayakan untuk dimekarkan. “Pemerntah telah melakukan klasifikasi secara administratif, fisik dan kewilayahan,” katanya dalam sambutan di rapat paripurna yang juga dihadiri masyarakat daerah Papua.

Pemerintah, kata dia, telah melakukan observasi dan kajian yuridis formal bersama DPR. “Harapannya potensi daerah bisa dikembangkan,” katanya.

Eko ari wibowo

One Response to “DPR Sahkan Enam Daerah Otonomi Baru”

  1. HHariman Siregar Says:

    saya harap utuk Daerah Nias juga segera disahkan. Tetaplah berusaha untuk melobby pihak yang terkait dan Panitia/Team jangan terbuai tetapi tetap mengikuti perkembangannya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: