H-5 : Ebenezer Hia Sosok Putra Nias Berprestasi

28,September, 2008

Ono Niha memang telah memiliki wak tu yang tepat untuk memperlihatkan eksistensinya. Kenyataan berbicara bahwa kita tidak perlu berkecil hati, malah sebaliknya berbangga hati dan bertekad mendobrak apa yang dianggap orang selama ini sebagai “suatu ketertinggalan” atau “suatu keterlambatan”.

Tidak disangka minggu lalu, salah seorang putra Nias, Ebenezer Hia – dengan disaksikan banyak orang – menerima sebuah penghargaan dari Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atas karya nyata yang dirintis dari nol, dan luput dari perhatian orang banyak.Ebenezer mengirimkan kepada Noni Telaumbanua sebuah artikel menarik yang merupakan tanggapan atas permintaan pengisian ruang Sosok Situs Yaahowu. Artikel Ebenezer berikut perlu disimak oleh semua kaum muda secara khusus dan Ono Niha secara keseluruhan. (nonitel)

PELUANG SEBAGAI MOTIVATOR
Kurangnya perhatian terhadap peningkatan produktivitas Usaha Kecil Menangah (UKM) selama ini mengakibatkan UKM kita sulit berkembang dan kurang kompetitif terutama menghadapi pasar global. Upaya peningkatan produktivitas UKM menjadi semakin penting mengingat bahwa peranan UKM dalam menyumbang Pendapatan Nasional PDB dan Penyerapan Tenaga Kerja cukup dominan.

Kegiatan penghargaan produktivitas yang diselenggarakan kali ini merupakan salah satu upaya mendorong UKM untuk meningkatkan produktivitas dan mempertinggi kualitas produk agar mampu untuk berkompetisi di pasar bebas. Bagi UKM yang berhasil mendapat penghargaan ini diharapkan mampu mempertahankan dan meningkatkan produktivitasnya untuk masa-masa yang akan datang, dan bagi UKM yang belum berhasil mendapat penghargaan, kiranya penilaian yang dilakukan bisa dijadikan informasi penting dan masukan untuk memperbaiki kinerja perusahaannya. Hal ini saya kemukakan karena berdasarkan proses penilaian yang dilakukan dengan mengacu kepada model Malcolm Baldridge memperlihatkan 7 (tujuh) aspek penting yang harus dievaluasi yaitu aspek : Kepemimpinan, Perencanaan Strategis, Fokus SDM, Fokus Pelanggan, Data Informasi dan Analisa, Manajemen Proses dan Hasil Usaha.

BERAWAL DARI CITA-CITA MEMBANGUN KEMANDIRIAN
Pada Bulan Desember 1999 saya mendapat penghargaan dari sebuah Yayasan Profil pengusaha Indonesia yaitu 100 Top Pengusahaan Indonesia 1999, pada waktu itu penghargaan diserahkan oleh Menteri Perdagangan dan Perindustrian. Saya terpilih mewakili pengusaha bidang Komputer (Informasi Teknologi) dimana saya sejak 1 April 1998 telah berhasil mengembangkan usaha jasa servis computer dan pembuatan program Aplikasi Rumah Sakit yang telah digunakan 5 Rumah sakit besar di Jakarta. Kelima Rumah Sakit tersebut berhasil menjadi Juara ketika diadakan perlombaan pelayanan terbaik. Pengembangan usaha ini saya mulai dari modal Rp. 18.000,- (delapan belas ribu rupiah) disaat negara mengalami krisis moneter yang telah memukul ekonomi bangsa Indonesia.

banyak orang – menerima sebuah penghargaan dari Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atas karya nyata yang dirintis dari nol, dan luput dari perhatian orang banyak.

Ebenezer mengirimkan kepada Noni Telaumbanua sebuah artikel menarik yang merupakan tanggapan atas permintaan pengisian ruang Sosok Situs Yaahowu. Artikel Ebenezer berikut perlu disimak oleh semua kaum muda secara khusus dan Ono Niha secara keseluruhan. (nonitel)

PELUANG SEBAGAI MOTIVATOR
Kurangnya perhatian terhadap peningkatan produktivitas Usaha Kecil Menangah (UKM) selama ini mengakibatkan UKM kita sulit berkembang dan kurang kompetitif terutama menghadapi pasar global. Upaya peningkatan produktivitas UKM menjadi semakin penting mengingat bahwa peranan UKM dalam menyumbang Pendapatan Nasional PDB dan Penyerapan Tenaga Kerja cukup dominan.

Pada saat perekonimian Indonesia terguncang UKM lah yang dapat menopang pertahanan ekonomi kita. Dari dasar itulah saya mulai merancang sebuah konsep bagaimana caranya meningkatkan produktivitas UKM. Kemudian konsep itu saya ajukan kepada beberapa instansi termasuk kepada Anggota DPR-RI periode 1999-2004 yang lalu dan kepada beberapa investor. Salah satu yang dapat menerima gagasan saya adalah Bapak DR. Mochtar Sany Pimpinan Fraksi Utusan Daerah MPR-RI asal Lampung. Konsep saya itu lebih kepada pertahanan Pangan Nasional mengingat pada waktu itu tahun 2002 kita mengalami krisis pangan. Karena saya bekerja dibidang computer tentu saja saya lebih terkosentrasi kepada pembuatan aplikasi dengan harapan saya dapat imbalan dari hasil karya saya tersebut. Dari perjuangan yang menghabiskan waktu 2 tahun akhirnya disetujui dan dikembangkan menjadi sebuah usaha yang bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia yaitu e-Commercial http://www.pasartani.com dimana situs tersebut berisikan bagaimana mendapatkan bahan-bahan, alat-alat dibidang pertanian yang disebarluaskan pemasarannya melalui POS Indonsia dengan harga yang sangat murah secara nasional. Alasan murah karena PT. Pos Indonesia memberikan subsudi silang kepada daerah yang tingkat daya belinya rendah.

Setelah selesai saya mengembangkan system itu kemudian saya kembali mengembangkan bagaimana caranya meningkatkan produtivitas UKM mengingat UKM kurang diperhatikan oleh Pemerintah padahal pemerintah sendiri mengakui bahwa ketika bangsa ini diterpa krisis moneter UKMlah yang tetap bertahan dan menopang perekonomian bangsa. Sejak itu saya terus berjuang melalui Direktorat Pembinaan dan Peningkatan Produktivitas Departemen Tenaga Kerja RI. Mengingat usulan ini sesuai dengan tugas mereka, maka usulan ini diterima dengan baik, namun ketika akan di teruskan kepada tingkat Menteri kami mendapat hambatan karena menterinya sendiri kurang menanggapi. Pada waktu itu Menteri Depnakertrans RI yaitu Bapak Yacob Nuwawea. Barulah ketika Bapak Fahmi Indris menjabat sebagai menteri dapat dikabulkan.

Dari perjuangan yang lama inilah akhirnya saya dapat menuangkan buah-buah pikiran saya melalui talenta saya dalam menulis sebuah aplikasi yang saya namakan IPQ Award 2005 (Indonesian SME Productivity and Quality Award 2005). Aplikasi ini sangat berguna bagi UKM untuk mengukur tingat produktivitasnya karena dilengkapi dengan modul Total Faktor Produktvitas. Selain dari pada itu software tersebut membuat penilaian UKM menjadi transparan karena tidak dapat dimanipulasi oleh para Dewan Juri dan para Auditor yang menilai kelapangan karena pengolahan data dilakukan secara terpusat dan saya pimpin langsung.

Atas dasar ini kemudian saya diberi penghargaan oleh Negara sebagai ucapan terima kasih atas upaya kita bersama meningkatkan produktivitas UKM Indonesia yang menurut laporan dari Menteri Koordinator Perekonomian RI bahwa Indonesia menepati urutan 48 dari 49 Negara di Asia. Mudah-mudahan dengan Pemberian Penghargaan Produktivitas dan Kualiats UKM 2005 kepada 3 Usaha Kecil dan 3 Usaha Mengengah dapat memotivasi para pelaku UKM-UKM lainnya untuk meningkatkan produktivitasnya. Pemerintah sudah berjanji akan memberikan pembinaan secara khusus kepada UKM sebagai pilah ekonomi bangsa kita.

RENCANA UNTUK NIAS
Saya sedang mendalami bagaimana caranya memberdayaakan Potensi yang dimiliki Pulau Nias. Oleh sebab itu saya mulai dari mendirikan Lembaga Risert yaitu Lembaga Pemberdayaan Potensi Nias yang berkosentrasi melakukan pendataan terhadap Potensi-potensi yang dimiliki Pulau Nias untuk diolah menjadi sebuah database yang dapat dipergunakan sebagai dasar dalam membuat rencana pembangunan Nias kedepan sekaligus sebagai dasar menarik investor untuk berinvestasi di Pulau Nias.

Daftar Riwayat Hidup
Nama : EBENEZER HIA
Tempat / Tgl Lahir : Lõlõmaya,Desa Hilimböwö, Kec. Lõlõwa’u / 30 Januari 1971
Alamat Sekarang : Jl. H. Agus Salim No. 22 Rt. 01 Rw. 07 Bekasi Jaya
Bekasi 17112, Telp. 021-8811386, 081808200045, 0815200045.
Nama Istri : Hernani Lusia Nainggolan
Anak Angkat : Elvis Yohanes Hia

Pendidikan Formal:
Sekolah Dasar, 1983
Sekolah Menengah Pertama, 1986
Sekolah Menengah Tingkat Atas, 1989
Fisika, FPMIPA – IKIP NEGERI MEDAN, 1993
Sekarang sedang menekuni Ilmu Hukum di sebuah Universitas di Jakarta

Pengalaman Organisiasi:
Senat Mahasiswa Ikip neg. Medan
Ketua DPC GAMKI Kota Medan
Pendiri Partai Indonesia Tanah Air Kita (PITA)
Pendiri / Penggagas Forum Komunikasi Hati Nurai Rakyat (HANURA) di Jakarta
Pendiri / Penggagas Lembaga Jaringan Pengembangan Masyarakat Mandiri Indonensia (JEMARI)
Penggagas / Pendiri Lembaga Pemberdayaan Potensi Nias (LP2N).

Software – Software yang sudah dibuat:
Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMARSA)
Sistem Informasi Manajemen Pemerintahan Daerah (SIMDA)
E-Commercial Pasartani.com
IQP Award 2005 (Indonesian SME Productivity & Qualitiy Award 2005)
Beberapa Website
Software Akutansi.

10 Responses to “H-5 : Ebenezer Hia Sosok Putra Nias Berprestasi”

  1. Kolose Kiehl Says:

    good luck ya bro

  2. Perdamaian Waruwu Says:

    sukses pak Hia

  3. Benny Zendrato Says:

    Selamat buat Pak Ebenezer Hia, percaya lah pak kalau Tuhan senantiasa menyertai Bapak. Doa kami masyarakat Nias selalu mengiringi langkah-langkah bapak untuk membantu Nias.

  4. Justin Daeli Says:

    saya salut sama abang Eben. Sukses bang!

  5. peluang ukm Says:

    artikel yang bagus..sangat menarik


  6. Salam kenal dengan keluarga besar Ono Niha
    Saya memperkenalkan diri :

    Nama : Otniel Lizaro Waruwu (Ama Nito)
    Alamat : Bogor – Jabar
    Asal : Lasarabaene – Mandrehe – Nias

    Saya telah menjadi caleg DPR RI dari Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) nomor urut 4 dapil Sumut II.

    Mohon doa restu dan tolong disebarluaskan kepada keluarga kita yang ada di Nias dan Tapanuli.Profil saya ada di : http://www.gemaniasbarat.wordpress.com

    Atas doa dan dukungan ndra talifuso saya ucapkan terima kasih.

    Yaahowu
    Ama Nito
    email : lizaro_waruwu@yahoo.com

  7. Monterez Hia Tanjung Priuk Says:

    semoga sukses

  8. Gulo Says:

    smoga saja pak Hia trussss……berkenan membangun Nias kita kedepan, kelihatannya pak Hia ada potensi yang terbaik kedepan,maju trusssssPak Hia dari Rudin Gulo – Medan Hp. 081376249877

  9. Warjaya hia Says:

    Salam Super pak Ebenezer jdilah Pahlawan sejati di Nias kita tercinta…
    railah prestasiMu setinggi langit….
    Tuhan sellalu menyertaiMu…


  10. Ah..Cita2x Hebat Pak Ebenezer.
    Sy Sendiri MenJempoli Prestasix. Dan Sy Ucp Selamat Sukses Sodaraku Putra Nias
    Ya’ahowu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: