Masyarakat Nias Barat Gembira Semua, Sukacita !

3,Januari, 2009

0-1lilin001Dengan disahkannya UU pembentukan Kabupaten Nias Barat maka masyarakat Nias Barat di mana-mana ikut bersukacita baik di Jakarta maupun di Medan, semua wajah ndraono Gaekhula ceria dengan penuh senyuman.

1pimpinan-sidangDua event akbar yang cukup sukses dikalangan masyarakat Nias Barat adalah Musyawarah Besar (Mubes) SALOM di Gunungsitoli tanggal 22 Desember 2008 dan Kebaktian Pengucapan Syukur, Natal & Tahun Baru 2009 di Jakarta tanggal 20 Desember 2008. Kedua acara tersebut menghadirkan hampir seluruh masyarakat Nias Barat di Gunungsitoli dan di Jakarta.

1salom-pelantikan

000-natal-kanisbarNamun ada beberapa orang yang lain dari masyarakat pada umumnya oleh ulah mereka sendiri, mereka jadi tersingkir di pergaulan masyarakat atau mereka sudah dianggap sebagai orang yang tak perlu didengarkan omongannya.

ranto-bodohtorowa1Kemanakah orang-orang ini.

Pelaksanaan syukuran Natal 2008 dan Tahun baru 2009 Masyarakat Nias Barat Jakarta dan sekitarnya yang berlangsung Sabtu, 20 Desember 2008 di Auditorium Balai pustaka Jln Gunung Sahari Raya no.4 Jakarta pusat dihadiri oleh masyarakat dari berbagai penjuru jakarta dan sekitarnya sehingga gedung yang berkapasitas 1.000 orang tersebut nyaris penuh. Masyarakat begitu antusias datang dan menyumbangkan koor atau vokal group. Mereka datang dari Cikarang, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang dan dari DKI Jakarta.

0-1lfirmanpaspotoAcara yang dipandu MC Afolo Daeli (Ama Alvin) dimulai dengan prosesi Pendeta, Penasehat, Pengurus BPP Kanisbar dan Panitia memasuki ruangan lalu liturgi ibadah dibawakan oleh Pdt Yoseti Gulo STh, Votum dan doa pembukaan oleh Mathias J Daeli SH, pembacaan nubuatan sampai kedatangan Tuhan Yesus kembali oleh SNK Drs Tema’aro Gulo, Yo’eli Hia SPd, Suryani Gulo dan ina Martin Waruwu.

Penyalaan lilin dipimpin pdt Marthin King Larosa STh, Oloheta Daeli,Kol AU purn (Penasehat), Zemi Gulo SH, Drs Faebuadodo MSi (BPP Kanisbar Pusat dan Jakarta), Yeremia Maruhawa MKes (Sirombu), Rusli Daeli SH (Lahomi), Efendi Zebua SSi (Mandrehe Utara), Ir. Arifman Gulo (Mandrehe), M Sinufa Zebua SH (Mandrehe Barat), Dr.Syukur Rahmat Gulo ST (Moro’o), Fatizanolo Waruwu SPd (Lolofitu Moi), Herman Baeha MTh (Undangan) dan Ir.Abisaloni Gulo MM (Panitia) sedangkan lagu O holy night dibawakan oleh Nurbaluri Daeli.

Diselingi oleh koor dan vokal group dari semua kecamatan di Nias Barat juga koor Yasara, Kasih Bersama, Sohili, ONKP Jakarta dan Cikarang, BNKP Depok serta singer Pariaman Daeli SE, Otenieli Hia (AJP) dan Misionaris Daeli. Juga pujian dibawakan oleh artis Nindy Ellise dan Conny Nurlita.

Renungan oleh Pdt Marthin King Larosa STh, Doa persembahan oleh Pdt Amani Melinda Gulo STh (BNKP Bogor), doa syafaat oleh Pdt Haeli Hia MTh.

0-1lotniel-paspotoAcara perayaan dimulai dengan menyanyikan lagu nias barat “He Tanö Niha Tanö ba Gaekhula” karangan Fatiaro Gulö (mantan asisten wedana/camat Ama Gefo) yang dipimpin oleh Dr Syukur Rahmat Gulö ST, kata-kata sambutan dari Panitia oleh Faahakhododo Maruhawa SE, Drs Marthin Luther Daeli MSi (BPP Kanisbar Jakarta), Firman Jaya Daeli SH (Caleg DPR RI Kepri PDIP ), Fatiaro Gulo (Ama Dicky), Ir.Ikhtiar Ndruru (Ketum DPP HIMNI) dan Zemi Gulo SH (BPP Kanisbar) Juga diberikan sumange simbi kepada Tetangga Nias Induk (A.Yorint Laoly), Nias Selatan (Ama Novan Ndruru), Nias Utara (Ama Deny Hulu) dan Kota Gunungsitoli dalam acara ini juga diadakan perjamuan kasih dengan makan malam bersama.

0-1leben1Melihat acara yang dikemas cukup baik sehingga membuat suasana ceria dan bisa melepaskan beban pikiran masyarakat Nias yang ada di ibukota yang diliputi berbagai persoalan dalam kehidupan sehari-hari terlebih kondisi ekonomi yang masih stagnan kata Otniel Lizaro waruwu SE, secara keseluruhan acara cukup sukses dan telah mengakomodir potensi-potensi Nias Barat dan Nias secara umum walaupun secara teknis masih perlu ada perbaikan disana sini dan peningkatan kwalitas sumber daya manusianya agar ke depan lebih baik lagi, tambah pak Otniel Waruwu yang datang bersama isteri dan anak.

0-1lsulaeman-paspotoDihadiri Para Caleg Putra Nias Barat yang memohon doa restu dari seluruh masyarakat Nias di manapun berada dan secara khusus masyarakat Nias Barat agar sudi kiranya mendoakan dan mesosialisasikan mereka kepada saudara/i kita yang berada di daerah pemilihan masing-masing, apalagi jaman handphone sekarang bisa dibantu dengan mengirim SMS ke Nias, tapanuli atau di Kepri kata Ebenezer Hia.

Terlihat hadir undangan Fatis Hulu SE MM (Caleg DPRD Sumut dapil 7 partai Gerindra ), Ir Idealis Lase MM, Drs Obaza Zebua dari Nias Barat sendiri selain yang disebutkan diatas hadir Ramanudin Daeli, Otniel Lizaro waruwu SE (Caleg DPR RI dapil Sumut 2 PPRN=Partai Peduli Rakyat Nasional ), Sukawani Hia, Ir Tiberius Zalukhu, Drs Elifati Daeli, Otenieli Hia SE (Ama Berlian), Fa’awosa Daeli MBA, Ebenezer Hia (Caleg DPRD Sumut dapil 7 partai Hanura ), Drs Faano Gulo, Drs Danieli Hia, Drs Sulaeman Daeli (Caleg DPRD Nias dapem 3 partai Demokrat ), Era-era Hia SE MM, Onangego Maruhawa, Pdt Etika Hia STh, Arosokhi Marunduri, Drs Natanael Hia, Turuti Daeli, Fondroni Hia SH, Tedy Basoginoto SSos. Selamat hari Natal damai disurga, damai dibumi dan damai di Nias Barat.

0-1lilin11

0-1llinda

0-1lsulaeman0-1lotniel1

0-1lfirman1

Masyarakat Nias Barat yang tersebar diseluruh nusantara bahkan yang ada diluar negeri bersyukur bahwa pada penghunjung tahun 2008 yang biasanya seluruh umat kristiani merayakan kelahiran juruselamat dunia Tuhan Yesus Kristus akan menambah sukacita Natal tahun ini karena undang-undang pembentukan kabupaten Nias Barat telah disahkan pada tanggal 29 oktober 2008. Demikian dikatakan Fa’ahakhödödö Maruhawa SE, Ketua panitia pelaksana ucapan syukur sekaligus Natal masyarakat Nias Barat Jakarta dan sekitarnya yang diadakan pada Sabtu, 20 Desember 2008 mulai jam 17.00 wib di Auditorium Balai pustaka Jln Gunung Sahari Raya no.4 Jakarta pusat (seberang terminal SENEN).

Didampingi pak Maruhawa, ketua bidang humas dan publikasi Ir.Arifman Gulö mengatakan bahwa momentum Natal masyarakat Nias Barat ini paling bermakna karena mendapat hadiah yaitu disahkan otonomi daerah kabupaten Nias Barat sebab perjuangan mewujudkan kabupaten Nias Barat telah dimulai sejak tahun 1957 oleh orang tua kita dimana mereka sekarang banyak yang sudah meninggal dunia namun oleh pertolongan Tuhan dan kerja keras seluruh elemen masyarakat Nias Barat khususnya dan masyarakat Nias umumnya serta kerjasama dengan pihak lainnya maka pada tahun ini cita-cita tersebut terwujud.

Pada Natal ini disamping mengundang semua masyarakat Nias Barat yang ada di Jabodetabek dan kota lainnya di pulau jawa dan sumatera seperti dari Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Palembang dan Medan juga panitia mengundang pengurus badan persiapan pembentukan (BPP) Kanisbar pusat dan dewan pimpinan pusat (DPP) ormas Salom yang ada di Nias tambah pak Arif Gulö.

Dalam acara kebaktian ibadah Natal akan diusahakan menampilkan paduan suara atau vokal group dari berbagai kecamatan asal di Nias Barat seperti koor kecamatan Mandrehe, Sirombu, Lölöfitu Moi, Lahömi, Moro’ö, Mandrehe utara, Mandrehe Barat dan Ulu Moro’ö, sedangkan pada acara perayaan akan diisi oleh artis Nias dan artis ibukota, kata Afolo Daeli yang membidangi seksi acara.

Menurut Otniel Lizaro waruwu SE, salah seorang penasehat panitia bahwa ucapan syukur dalam Natal masyarakat Nias Barat 2008 merupakan ide yang briliant sebab setahu saya baru kali ini diadakan Natal bersama seluruh masyarakat Nias Barat Jakarta dan sekitarnya. Saya yakin ucapan syukur dan perayaan Natal ini adalah kebersamaan dan sukacita bagi ndraono gaekhula (masyarakat Nias Barat) secara keseluruhan dimanapun sebab belum lama ini juga saya mengikuti mubes (musyawarah besar) Salom di gunungsitoli sangat terasa kebersamaan dan kekompakan bahkan di Salom itu bukan hanya masyarakat kabupaten Nias Barat tetapi termasuk masyarakat dari Lölöwa’u, Lölömatua dan Tugala Oyo tambah pak Otniel Waruwu yang merupakan caleg DPR RI dari partai PPRN (Partai no.4 dan no.urut 4) dapil Sumut 2.

Panitia yang penasehatnya semua orang tua dan tokoh masyarakat Nias Barat yang ada di Jakarta dan sekitarnya ini digerakkan oleh generasi potensial masyarakat Nias Barat seperti Teguh F Marunduri SE, Era-era Hia SE MM, Drs Fidelis Waruwu MSc.Ed, Efendi Zebua SSi, Ebenezer Hia SKom, Ir F Nefos Daeli MKes, Ir Tiberius Zalukhu, Dr Syukur Rahmat Gulö ST, Drg Yosafati Daeli MKes, Haeli Hia STh MA, Senang Aro Lahagu, Pariaman Daeli SE, Amir Makmur Hulu, Sateli Gulö MTh MA, Yeremia Lase SH, Ir Abisaloni Gulö MM, Herman Zebua SH, Lateryn Hia, Bebalazi Maruhawa, Hasamböwö Zai, Detronium Maru’ao dan Pengkhotbah direncanakan oleh Pdt Marthin King Larosa STh.

Adapun Tema : Bersyukurlah, Sebab Dia milikmu ( 1 Tes 5 : 18, Yoh 1 : 11 )

Subtema : Dengan semangat natal marilah kita memiliki karakter Kristus dalam membangun kabupaten Nias Barat, sebab Ia milikmu ( Matius 5 : 48, 1 Yoh 2 : 6 )

Akhirnya panitia mengundang seluruh masyarakat Nias Barat untuk menghadiri Ibadah Ucapan Syukur, perayaan Natal dan Tahun baru Kanisbar Jakarta dan sekitarnya. Tuhan Yesus memberkati.

3 Responses to “Masyarakat Nias Barat Gembira Semua, Sukacita !”

  1. Maya Romantor Gulo Says:

    Maaf ya, saya ga datang karena takut ketahuan borok saya disana, maklum saya ini sudah banyak menipu dan membohongi orang. Apalagi banyak orang yang tau kalau saya ini nyaris dipulukin orang pada acara pernikahan di rumah Bapak Ama Dicky Gulo gara-gara mulut saya yang besar dan gambaoho.

    Saya sangat membenci yang namanya Ebenezer Hia, karena gara-gara dia borok saya jadi ketahuan semua. Apalagi dia membantu Ama Velo Daeli melaporkan saya di Polisi. Padahal saya sudah ngemis-ngemis sama Ama Velo agar diampuni. Harus dipahami kondisi saya saat ini terlalu banyak utang dimana-mana termasuk tidak mampu bayar utang kepada Pak Eben Hia dan Bapak Nefos dan Bapak Abisaloni Gulo.

  2. Mustika Ranto Gulo Says:

    Dulu saya menentang pembentukan kabupaten Nias Barat bersama dengan ama pratama. tak tahunya ketahuan sama si ebenezer hia.

    sekarang memperbaiki diri dengan mendekati lagi mereka.

  3. cctvonline Says:

    Komentar atas nama mustika ranto gulo di atas adalah fitnah ………..mhn sdr hentikan lah. Pak eben Tuhan Sangat Baik Bagi Anda.

    Mhn Hentikan donk cara fitnah dan teror ini.

    Mustikaranto gulo


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: